3 Konsep Mudah Menjaring dan Mempertahankan Pengunjung

3 Konsep Mudah Menjaring dan Mempertahankan Pengunjung

3 Konsep Mudah Menjaring dan Mempertahankan Pengunjung

Sedari awal, perlu kita tanamkan kesuksesan situs web atau blog sangat bergantung dari keberadaan pengunjung. Tanpa mereka, sebagus apapun tampilan situs web atau blog kalian atau sebaik apapun content kalian , semuanya menjadi tidak ada artinya.



Karena merekalah yang membuat fulus mengalir ke kantong kalian . Mereka yang mengklik iklan kalian , memakai jasa kalian , membeli produk kalian , dan lainnya. Pendeknya, hidup-mati situs web atau blog kalian sangat bergantung pada keberadaan mereka. So, jangan pernah kecewakan mereka!


Secara umum, mereka ikut menyokong kesuksesan situs web/blog kalian dengan dua cara. Pertama, dengan berkunjung ke situs web/blog kalian dan syukur-syukur juga melakukan pembelian produk/jasa. Kalaupun tidak membeli, paling tidak mereka sudah ikut membantu meningkatkan traffic.


Cara kedua yang mereka lakukan adalah dengan melakukan promosi kepada orang lain. Bila situs web/blog kalian bagus, tanpa segan mereka akan merekomendasikannya pada orang lain. Dengan begitu kalian dapat promosi gratis. Syaratnya hanya satu, mereka akan melakukannya dengan senang hati jika memang situs web/blog kalian memenuhi kebutuhan mereka. 


Dengan model promosi getok tular ini, penetrasi situs web kalian bisa lebih maksimal. Sebab kalau hanya mengandalkan iklan saja, pasti terbentur dengan terbatasnya anggaran yang ada. Namun dengan rekomendasi lewat mulut orang lain ini, kalian bisa menjangkau pasar yang lebih besar. Serta pada umumnya mereka lebih percaya terhadap omongan orang daripada iklan.


Nah, begitu pengunjung pertama kali datang ke situs web/blog kalian , langkah selanjutnya adalah membuat mereka “ketagihan” datang. Bagaimana caranya?


Ada tiga langkah menarik pengunjung dan membuat mereka menjadi pelanggan situs web/ blog kalian .


Rebut perhatian. Pertama kali, situs web/blog kalian harus bisa merebut perhatian pengunjung. Artinya, begitu pertama kali datang, mereka langsung terkesima dengan content maupun tampilan visual kalian . Serta mereka tak perlu tunggu lama untuk bisa membukanya. Buatlah situs web/blog kalian sebagai sebuah entertainment. Artinya, setiap yang datang bisa terhibur serta mendapat “sesuatu” dari situs web kalian . Dengan cara ini, mereka pasti tak segan berkali-kali datang ke situs web/blog kalian . Yang penting pula diperhatikan, buat dan tampilkan ciri khas diri kalian . Ini penting untuk mempermudah pengunjung mengetahui diferensiasi situs web/blog kalian . Ciri khas ini paling gampang bisa kalian tampilkan dalam setiap posting kalian . Sehingga umpama mereka membaca tulisan kalian di tempat lain, mereka bisa langsung tahu kalau itu tulisan kalian . Tak perlu ikut gaya orang lain, saya yakin kalian punya ciri atau gaya sendiri. Yang penting gaya kalian itu kuat, unik, dan disukai oleh pengunjung.

Jual diri kalian . Konsep kedua adalah kalian harus bisa menjual diri kalian . Setiap pengunjung yang datang ke situs web/blog kalian dalam benaknya biasanya bertumpuk pertanyaan berikut:


- Kenapa saya harus memilih situs web/blog kalian dibanding yang lain?


- Kenapa saya harus bergabung dengan situs web/blog kalian ?


- Apa yang bisa saya dapatkan?


- Apakah isi situs web/ blog kalian bisa memecahkan persoalan yang saya hadapi? Kalau semua pertanyaan itu bisa terjawab dalam isi situs web/blog kalian , jangan kaget kalau pengunjung situs web kalian membludak. Intinya, kalian bisa berikan jalan keluar atau solusi atas persoalan pengunjung. Serta yakinkan pula kalian orang yang tepat untuk mengatasi persoalan mereka.

Kelola pengunjung loyal. Memang butuh waktu untuk membuat situs web dan blog yang dicintai banyak orang. Tapi kalau mereka sudah jadi loyal, dengan suka rela mereka akan melakukan apapun untuk situs web/blog kalian . Bukan hanya merekomendasikan situs web/blog kalian pada orang lain, tapi bahkan akan membelanya mati-matian. Bagaimana cara melakukannya? Bukan dengan menawarkan produk, tapi dengan selalu memberikan ide, saran, konsep, filosofi yang mereka butuhkan. Kalau kalian hanya gembar-gembor tentang produk kalian , di mata mereka, kalian tak lebih dari sales produk! Lakukan ini secara konsisten serta jaga selalu hubungan dengan mereka. Sekali lagi ini butuh waktu. Baca juga cara menggaet pelanggan setia dan cara membangun komunitas fans blog kalian 

Ketiga konsep sederhana ini bisa memperkokoh brand situs web/blog kalian serta merengkuh lebih banyak pengunjung. Coba tiga langkah di atas dan sesuaikan dengan karakter pengunjung kalian . Selamat mencoba!

Bisnis Online Tips Blogging Trik Blogger

0 Response to "3 Konsep Mudah Menjaring dan Mempertahankan Pengunjung"

Post a Comment

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel